S1 – AKUNTANSI

Untitled Document

Program studi Sarjana Akuntansi Ikopin memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai seorang profesional di bidang Akuntansi. Pengetahuan yang harus dimiliki adalah: ilmu akuntansi, keuangan dan ilmu pengetahuan terkait lainnya, pengetahuan mengenai kegiatan bisnis dan pengorganisasian, serta pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi informasi.
Program studi Sarjana Akuntansi Ikopin memiliki kekhasan lima konsentrasi, yaitu Akuntansi Keuangan, Akuntansi Koperasi, Akuntansi Syariah, Akuntansi Perpajakan dan Akuntansi Pemerintahan. Program S1 Akuntansi memiliki mata kuliah yang terbagi dari KBK inti, KBK pendukung dan KBK penunjang.

KOMPETENSI MAHASISWA
Kompetensi yang dituntut dari seorang sarjana akuntansi profesional merujuk kepada standar internasional pendidikan akuntansi (International Education Standards/IES). Standar kompetensi berbasis IES mencakup dimensi Knowledge (pengetahuan), Skills (keterampilan) dan Professional Attitudes and Ethics (Sikap dan Etika). Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Ekonomi (SE.).

PROSPEK KERJA
Lulusan Program Studi Sarjana Akuntansi Ikopin dapat berkarir sebagai Junior Auditor di Kantor Akuntan Publik; Analis sistem / proses bisnis dan  Pengembang Sistem Informasi Akuntansi dan serta manajer tingkat pertama di bidang Akuntansi, Perpajakan, dan Keuangan di berbagai perusahaan bisnis, maupun di instansi pemerintahan,  dapat pula berprofesi sebagai tenaga pendidik untuk mengajar ilmu akuntansi baik sebagai guru maupun asisten dosen.

KONSENTRASI PRODI S1 AKUNTANSI
Program studi akuntansi terdiri atas lima konsentrasi, yaitu :
1. Konsentrasi Akuntansi Keuangan :

  1. Kompentensi yang dihasilkan konsentrasi Akuntansi keuangan adalah berkemampuan menyediakan informasi akuntansi keuangan, sistem informasi akuntansi berbasis ICT dan berkemampuan mengimplementasikan sistem informasi akuntansi berbasis IT serta mampu memanfaatkan peluang pasar di bidang jasa akuntansi keuangan, jasa audit (laporan keuangan, operasional dan system informasi) dan sistem informasi akuntansi berbasis IT.
  2. Beban studi kumulatif untuk konsentrasi Akuntansi Keuangan adalah 144 SKS

2. Konsentrasi Akuntansi Koperasi:

  1. Kompetensi yang dihasilkan konsentrasi akuntansi berkemampuan menyediakan informasi akuntansi keuangan koperasi, sistem informasi akuntansi koperasi berbasis ICT dan berkemampuan mengimplementasikan sistem informasi akuntansi koperasi berbasis IT serta mampu memanfaatkan peluang pasar di bidang jasa akuntansi keuangan koperasi, pemeriksaan keuangan koperasi, pengangaran koperasi, analisa laporan keuangan koperasi dan sistem informasi akuntansi koperasi berbasis IT.
  2. Beban studi kumulatif untuk konsentrasi akuntansi koperasi adalah 144 SKS.

3. Konsentrasi Akuntansi Pemerintahan:

  1. Kompetensi yang dihasilkan konsentrasi akuntansi Pemerintahan berkemampuan menyediakan informasi akuntansi pemerintahan, sistem informasi akuntansi pemerintahan dan berkemampuan mengimplementasikan sistem informasi akuntansi pemerintahan serta mampu memanfaatkan peluang pasar di bidang jasa akuntansi pemerintahan  dan sistem informasi akuntansi pemerintahan sesuai standar akuntansi pemerintahan.
  2. Beban studi kumulatif untuk konsentrasi akuntansi pemerintahan adalah 144 SKS.

4. Konsentrasi Akuntansi Syariah :

  1. Kompentensi yang dihasilkan konsentrasi Akuntansi Syariah adalah berkemampuan menyediakan informasi akuntansi keuangan syariah, sistem informasi akuntansi syariah berbasis ICT dan berkemampuan mengimplementasikan sistem informasi akuntansi syariah berbasis IT serta mampu memanfaatkan peluang pasar di bidang jasa akuntansi keuangan syariah, jasa pemeriksaaan keuangan syariah (laporan keuangan, operasional dan system informasi), permodalan syariah, manajemen keuangan syariah, analisa laporan keuangan syariah  dan sistem informasi akuntansi syariah berbasis IT.
  2. Beban studi kumulatif untuk konsentrasi Akuntansi Syariah adalah 144 SKS

5. Konsentrasi Akuntansi Perpajakan :

  1. Kompentensi yang dihasilkan konsentrasi Akuntansi Perpajakan adalah berkemampuan menyediakan informasi akuntansi pajak dan laporan keuangan fiskal serta mampu memanfaatkan peluang pasar di bidang jasa akuntansi akuntansi perpajakan, jasa pemeriksaaan akuntansi perpajakan, hukum pajak, perencanaan pajak dan manajemen perpajakan.
  2. Beban studi kumulatif untuk konsentrasi Akuntansi Syariah adalah 144 SKS