IKOPIN itu apa ?
IKOPIN adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan jenjang Diploma Tiga (D3), Strata Satu (S1 / Sarjana), dan Strata Dua (S2 / Pasca Sarjana)
Jurusan apa saja yang ada di IKOPIN ?
IKOPIN saat ini merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan Ilmu Ekonomi. Untuk setiap jenjang pendidikan, diselenggarakan program studi sebagai berikut: a. Jenjang D3, terdapat 2 Program Studi yaitu : (1) Program Studi D3-Manajemen, memiliki 8 (delapan) konsentrasi yaitu : - Manajemen Keuangan - Manajemen Perbankan - Manajemen Pemasaran - Manajemen Bisnis - Manajemen Ritel - Manajemen Keuangan Mikro - Manajemen Keuangan Syariah - Manajemen Perpajakan (2) Program Studi D3-Keuangan dan Perbankan b. Jenjang S1 memiliki 3 program studi yaitu : (1) Program studi S1-Manajemen, dengan 10 konsentrasi sebagai berikut: - Manajemen Keuangan - Manajemen Perbankan - Manajemen Komunikasi Bisnis - Manajemen Sumber Daya Manusia - Manajemen Pemasaran - Manajemen Produksi - Manajemen Bisnis - Manajemen Keuangan Mikro - Manajemen Keuangan Syariah - Manajemen Perpajakan (2) Program Studi S1-Akuntansi konsentrasi sebagai berikut: - Akuntansi Keuangan - Akuntansi Koperasi - Akuntansi Syariah - Akuntansi Pemerintahan - Akuntansi Perpajakan (3) Program Studi S1-Ekonomi Syariah konsentrasi sebagai berikut: - Manajemen Perbankan Syariah - Manajemen Asuransi Syariah c. Jenjang S2 Program studi Manajemen dengan konsentrasi: - Manajemen Perusahaan - Manajemen Koperasi - Manajemen Perbankan - Manajemen Pendidikan - Manajemen Pembangunan Ekonomi
Akreditasi IKOPIN ?
Saat ini, semua jenjang studi di IKOPIN (D3, S1, dan S2) telah diakreditasi oleh BAN-PT untuk masing-masing program studi dengan nilai "B"
Berapa lama studi di IKOPIN ?
Lama studi untuk masing masing jenjang paling cepat sebagai berikut: - Jenjang D3 : 5 semester - Jenjang S1 : 7 semester - Jenjang S2 : 5 Semester
Bagaimana cara mendaftar ?
Cara mendaftar bisa dilakukan dengan datang langsung ke Kampus IKOPIN atau melalui Online di website ini.
Apa saja persyaratan pendaftaran mahasiswa baru ?
Persyaratan pendaftaran mahasiswa baru sebagai berikut: - Untuk Jenjang D3 dan S1: a. Lulusan SLTA (SMU/SMK/MA/sederajat) b. Mengisi formulir pendaftaran (tersedia secara fisik maupun online). c. Melampirkan foto copy : Ijasah, Raport, SKHUN dan Kartu Keluarga. d. Melampirkan pas foto ukuran 2 x 3 dan 3 x 4 masing-masing 1 lembar atau file pas foto e. Membayar biaya pendaftaran - Untuk jenjang S2: a. Lulusan Sarjana (S1) dari semua jurusan. b. Mengisi formulir pendaftaran c. Melampirkan foto copy ijasah S1 d. Mengikuti tes potensi akademik e. Membayar biaya pendaftaran
Apakah sulit masuk IKOPIN ?
Untuk menjadi mahasiswa Ikopin jenjang D3 atau S1, proses seleksi dilakukan dengan 2 cara, yaitu : (1) Penelusuran Prestasi Siswa (PPS), untuk seleksi ini, calon mahasiswa/pendaftar melampirkan foto copy raport selama di SLTA (2) Tes tertulis, bagi pendaftar yang tidak melengkapi foto copy raport atau belum berhasil diterima melalui jalur PPS, maka seleksi dilakukan secara tertulis. Namun untuk memperbesar peluang diterima, kami sering menyarankan untuk melampirkan foto copy raport saat melakukan pendaftaran
Kalo tidak lulus jalur PPS, apakah harus membayar lagi biaya pendaftaran untuk ikut ujian tertulis ?
Tidak perlu membayar lagi biaya pendaftaran.
Berapa rata-rata biaya kuliah per semester di IKOPIN ?
Biaya kuliah untuk jenjang D3 dan S1, perhitungannya sederhana yaitu BIAYA REGISTRASI PER SEMESTER + (BIAYA PER SKS X JUMLAH SKS YANG DIAMBIL). Kecuali untuk semester pertama ada biaya pengembangan yang dapat dicicil selama 7 semester dan biaya Orientasi plus jas almamater. Ditel biaya bisa mengunduh brosur ikopin.
Apakah ada beasiswa untuk mahasiswa baru ?
Untuk jenjang D3 dan S1, biasanya selalu ada program beasiswa yang bisa diikuti oleh semua mahasiswa baru Ikopin melalui proses seleksi beasiswa. Informasi tentang ketersediaan beasiswa dapat dilihat di website ini atau Facebook HUMAS IKOPIN dan INFOO IKOPIN
Apa saja persyaratan untuk bisa mendapatkan atau ikut seleksi beasiswa di kampus Ikopin ?
Secara garis besar, beasiswa yang tersedia di IKOPIN dikelompokan sebagai berikut : 1. Beasiswa dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, untuk beasiswa ini persyaratannya secara khusus bisa diakses dari website ini. 2. Beasiswa Perusahaan & Perbankan, untuk beasiswa ini persyaratannya: calon peserta seleksi harus sudah menjadi mahasiswa Ikopin (sudah melakukan registrasi ulang dan menyetor biaya kuliah) langsung mendaftar ke bagian humas dengan menyebutkan NRP dan membawa foto copy kuitansi daftar ulang. 3. Beasiswa khusus, beasiswa ini bersumber dari berbagai sumber antara lain pemerintah daerah (yang mengirimkan putra/putri daerah untuk kuliah di Ikopin) atau dari perusahaan tertentu dalam rangka pengembangan daerah (seperti dari LPMAK/PT FreePort Indonesia dan British Petroleum). Proses rekruitasinya dilakukan khusus.
Bagaimana jika saya belum berhasil mendapatkan beasiswa di semester pertama ?
Saudara tetap bisa mengikuti pendidikan di IKOPIN melalui biaya mandiri. Nanti di semester 3 dan seterusnya, dapat mengikuti seleksi beasiswa yang bisa diikuti oleh mahasiswa semester 3 ke atas.
Apa saja materi yang diujikan dalam seleksi beasiswa bagi mahasiswa baru ?
Untuk materi yang diujikan akan ditentukan oleh bagian Akademik. Namun sebagai gambaran, biasanya meliputi mata pelajaran : Pengetahuan Umum (bidang ilmu ekonomi dan bahasa Indonesia), Matematika, Bahasa Inggris, dan tes motivasi.
Jika saya berhasil mendapatkan beasiswa (lulus seleksi), bagaimana dengan biaya yang telah saya setorkan ?
Biaya yang telah saudara setorkan, akan dikembalikan sesuai dengan ketentuan.
Apakah IKOPIN menerima peserta beasiswa BIDIKMISI ?
Ya, kami juga menerima peserta beasiswa Bidikmisi. Untuk dapat mengakses beasiswa ini, saudara silakan mengunduh persyaratan Bidikmisi di situs pemerintah (Dikti). Setelah dilengkapi, maka diserahkan ke kampus Ikopin untuk diajukan.
Kalo saya sudah diterima di IKOPIN, apakah saya bisa pindah jurusan ?
Ya, saudara bisa pindah jurusan sesuai ketentuan dari bagian Akademik.
Apakah pendaftaran bisa dilakukan secara Online ?
Ya. Kecuali untuk pendaftar beasiswa Kementerian Koperasi dan UKM (silakan lihat di ketentuan yang bisa diunduh di web ini). Informasi tentang waktu dan persyaratan pendaftaran untuk program ini akan diumumkan secara khusus di web ini untuk setiap tahun akademik.
Bagaimana peluang karir / kerja lulusan IKOPIN, apakah wajib bekerja di Koperasi ?
Lulusan Ikopin dapat berkarir di mana saja, baik di gerakan Koperasi, Instansi Pemerintah, Swasta, Kepolisian, Militer, maupun Wirausaha. Alumni Ikopin saat ini sudah mencapai 12.500 orang dan bekerja di berbagai sektor lapangan kerja dengan menduduki posisi penting/strategis di perusahaan atau tempat kerjanya. Beberapa yang lainnya telah sukses sebagai pengusaha/wirausaha.