Pembekalan Bagi Calon Wisudawan/ti Ikopin Tahun 2018

Pembekalan Praktek Lapang Mahasiswa Ikopin Angkatan 2015
25/07/2018
IKOPIN Menyelenggarakan Wisuda ke-45 Tahun Akademik 2017/2018
24/09/2018

Pembekalan Bagi Calon Wisudawan/ti Ikopin Tahun 2018

Menjelang penyelenggaraan wisuda Tahun Akademik 2017/2018, Ikopin menyelenggarakan acara Pembekalan Bagi Lulusan Ikopin, kamis 13 September 2018. Bertempat di gedung Graha Suhardani acara pembekalan tersebut diikuti oleh 339 calon wisudawan wisudawati, yang merupakan lulusan Ikopin tahun 2018 ini.

Acara tersebut menghadirkan Ir. H. Indra Fahmi, M.P (Direktur Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Ikopin) selaku pembicara. Dengan mengusung tema “Kewirausahaan Sebagai Sarana Pengembangan Karir”, diharapkan setelah lulus dari kampus ikopin para lulusan mampu untuk menumbuh kembangkan jiwa wirausaha dan meningkatkan aktivitas kewirausahaan sebagai sarana pengembangan karirnya.

Beliau mengungkapkan, “Berdasarkan sumber BPS tahun 2018, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7 juta orang, 8,8% diantaranya adalah Sarjana. Selama ini, pilihan karir lulusan perguruan tinggi adalah menjadi karyawan (PNS/Swasta), pengusaha, politisi, dan dosen/peneliti. Keterbatasan daya tampung untuk pilihan karir tersebut mengakibatkan banyaknya sarjana yang menganggur. Tentu kondisi ini sangat tidak baik.”

Beliau pun mengutarakan bahwa saat ini menjadi seorang pebisnis itu menarik dan penting, karena laju pengangguran sarjana yang cenderung meningkat. Selain itu, peluang usaha banyak tumbuh berkembang. Dan kebijakan pemerintah saat sekarang ini cukup mendukung untuk menjadi seorang wirausaha. Berwirausaha bisa dilakukan dengan tiga cara: merintis usaha baru (Start-Up), membeli usaha (Buying) dan waralaba (franchising). Bagi sarjana baru, yang paling memungkinkan adalah merintis usaha baru  (Start-Up). Selanjutnya membangkan energi kreativitas dan inovasi bersama usaha tersebut.

 

Comments are closed.